Literasi Generasi Cerdas : Bercerita
Membantu pembentukan pribadi dan moral
anak. Cerita sangat efektif membantu pribadi dan moral anak.Melalui cerita,
anak dapat memahami nilai baik dan buruk yang berlaku di masyarakat.
Menyalurkan kebutuhan imajinasi dan
fantasi. Cerita dapat dijadikan sebagai media menyalurkan imajinasi dan fantasi
anak.Pada saat menyimak cerita.Imajinasi yang dibangun anak saat menyimak
cerita memberikan pengaruh positif terhadap kemampuan anak dalam menyelesaikan
masalah secara kreatif.
Memacu kemampuan verbal anak. Cerita
dapat memacu kecerdasan linguistik anak.Cerita mendorong anak bukan saja senang
menyimak cerita tetapi juga senang bercerita atau berbicara. Anak belajar tata
cara berdialog dan bernarasi.
Kegiatan bercerita memberikan sejumlah
pengetahuan sosial nilainilai moral keagamaan. Bercerita memberikan nilai-nilai
sosial pada anak, seperti patuh pada perintah orangtua, mengalah pada adik, dan
selalu bersikap jujur. Selain pengetahuan sosial kegiatan bercerita merupakan
alat pendidikan budi pekerti yang paling mudah dicerna anak di samping teladan
yang dilihat anak tiap hari.
Kegiatan bercerita memberikan pengalaman
belajar untuk melatih pendengarannya. Dalam kegiatan bercerita anak akan menyampaikan
berbagai macam ungkapan, berbagai perasaan sesuai dengan apa yang dialami,
dirasakan, dilihat, di didengar. Dengan melatih pendengarannya akan menambah
kosa kata yang dimiliki anak.
Memberikan pengalaman belajar dengan
menggunakan metode bercerita memungkinkan anak mengembangkan kemampuan
kognitif, afektif, dan psikomotor.
Memberikan pengalaman belajar yang unik
dan menarik, serta dapat mengatakan perasaan, membangkitkan semangat dan
menimbulkan keasyikan tersendiri.kegiatan bercerita memberikan daya tarik bagi
anak sehingga akan menimbulkan semangat dan keasyikan dalam bercerita.
Penulis Arofin S.Pd
Edit Akbar S.Pd