Pendidikan 4.0, Tak Terbatas pada Kelas

Pendidikan 4.0 atau Education 4.0 merupakan istilah umum para ahli teori pendidikan untuk menggambarkan berbagai cara untuk mengintegrasikan teknologi cyber ke dalam pembelajaran. Konsep ini dikatakan sebagai masa depan pendidikan. Kelas daring atau robot pembantu ujian online menjadi salah satu wujud pada era Pendidikan 4.0.

Perubahan sosial di bidang pendidikan ini mengikuti arah perkembangan teknologi yang semakin cepat untuk mengimbangi Revolusi Industri 4.0 yang telah dilakukan dunia. Sementara sistem pendidikan di Indonesia harus siap mengenai penguasaan teknologi bagi anak-anak, namun belum merata dalam mempersiapkannya.

Pada masa pandemi Covid-19 ini, para guru dan siswa harus beradaptasi dengan metode pembelajaran yang dilakukan secara jarak jauh dan daring di hampir seluruh sekolah dan universitas.

Para guru diimbau lebih kreatif dan inovatif dalam menyusun metode pembelajaran. Kendalanya, kebebasan ini terkadang beban bagi yang tidak familiar dengan teknologi tinggi. Oleh karena itu memang dibutuhkan  semua pihak untuk merangkul menuju era Pendidikan 4.0.

Topik panas Pendidikan 4.0 selalu jadi perbincangan di forum diskusi. Seberapa pentingnya Pendidikan 4.0 harus segera dilaksanakan dan dampak jika tidak melaksanakan jadi bahan yang menarik untuk disimak. Terutama jika ada hubungannya dengan sumber daya manusia (SDM) yang dimiliki Indonesia, karena revolusi Industri 4.0 hubungannya erat dengan teknologi yang mengambil peranan dalam produksi.

Industri kini bergerak ke arah digital. Maka dari itu, untuk menyiapkan SDM berkualitas dan berdaya saing global, anak-anak Indonesia harus menguasai teknologi selama masa pendidikan. Hal ini juga harus diimbangi dengan perkembangan teknologi digital di Indonesia yang saat ini masih dinilai terlambat dari negara lain.

Adanya bonus demografi dengan lebih dari 200 juta jiwa sebelum 2045 juga perlu diperhatikan. Oleh karena itu Pendidikan 4.0 memang harus dilaksanakan dari sekarang untuk masa depan, terutama menyangkut terwujudnya program Indonesia Emas 2045.

Nadiem menyarankan metode pembelajaran Science, Technology, Engineering, Arts, Mathematics (STEAM) yang bisa menjadi salah satu kunci penting dunia pendidikan menghadapi era 4.0. STEAM bisa mendorong pengembangan ilmu sains, teknologi, teknik, dan matematika semakin kreatif.

Selain mempersiapkan metode pembelajaran baru, dibutuhkan juga infrastruktur untuk mendukung tercapainya Pendidikan 4.0. Berikut ini program dan fasilitas yang harus disiapkan untuk menyongsong Pendidikan 4.0. 

Penulis:  Akbar S.Pd